BERPIKIR INOVATIF DAN KREATIF SEBAGAI MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA
Pengertian Kreativitas
Dan Inovasi
Kreativitas
ialah proses sebuah mental yang melibatkan penampilan ide atau konsep (konsep)
baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
Kreativitas merupakan kemampuan bertindak ataupun
berfikir untuk mecari pemecahan dalam sebuah kondisi atau permasalahan dengan
cerdas. Yang dapat membawa hasil yang bermanfaat dan tepat.
Dari sudut
pandang ilmu pengetahuan, hasil dari pemikiran
kreatif (pemikiran kreatif) (kadang-kadang disebut pemikiran bercabang)
biasanya dianggap memiliki keaslian dan kesesuaian. Sebagai konsepsi,
alternatif dari kreativitas merupakan tindakan membuat sesuatu yang baru.
Inovasi dapat didefinisikan sebagai proses
dan / atau hasil dari pengembangan penggunaan / mobilisasi pengetahuan,
keterampilan (termasuk keterampilan teknologi) dan pengalaman untuk menciptakan
atau memperbaiki produk (barang dan / atau jasa), proses, dan / atau sistem yang
baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama
ekonomi dan sosial).
Inovatif merupakan sebuah usaha seseorang dalam
mendayagunakan sebuah fikiran atau pemikiran yang baru, kemampuan sebuah
imajinasi, individu dan srtimulan yang di sekelilingnya untuk menghasilkan
produk atau hasil yang baru, untuk dirinya ataupun lingkungannya.
Modal utama untuk menjadi mahasiswa tentunya
sifat kreatif itu sendiri. Apalagi dari pengalaman-pengalaman yang sebelumnya
sudah pernah dialami, pasti makin mengasah sifat kreastivitas di dalam diri
mahasiswa itu sendiri. Apalagi telah disediakan banyak wadah untuk
mengaplikasikan sifat kreatif itu sendiri.
Kreativitas Seorang Guru
Kreativitas guru merupakan istilah yang
banyak digunakan, baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Pada umumnya
orang menghubungkan kreativitas dengan produk-produk kreasi. Dengan kata lain
produk-produk kreasi itu merupakan hal yang penting untuk menilai kreativitas.
Clark Monstakos, seorang psikolog humanistis menyatakan bahwa kreativitas
adalah pengalaman mengekspresikan (mengaktualisasikan) identitas individu dalam
bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan orang lain.
Pada dasarnya pengertian kreatif berhubungan
dengan penemuan sesuatu, mengenai hal yang menghasilkan sesuatu yang baru
dengan menggunakan sesuatu yang telah ada.
Dari situlah sehingga dapat diartikan bahwa
guru yang kreatif adalah guru yang mampu mengaktualisasikan dan mengekspresikan
secara optimal segala kemampuan yang ia miliki dalam rangka membina dan
mendidik anak didik dengan baik. Seorang guru yang kreatif akan memiliki sikap
kepekaan, inisiatif, cara baru dalam mengajar, kepemimpinan serta tanggungjawab
yang tinggi dalam pekerjaan dan tugasnya sebagai seorang pendidik.
Ciri-ciri Guru yang Kreatif
Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya,
bahwa guru bukanlah sekedar orang yang berdiri di depan kelas untuk
menyampaikan materi pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah anggota masyarakat
yang harus ikut aktif dan berjiwa besar serta kreatif dalam mengarahkan
perkembangan anak didiknya untuk menjadi anggota masyarakat yang dewasa.
Pada hakikatnya, mengajar jika dilakukan
dengan baik telah dikatakan kreatif. Kunci keberhasilan pengembangan kreatif
itu terletak pada mengajar dengan kreatif dan efisien dalam interaksi yang
kondusif. Hal ini tidaklah mudah dan dibutuhkan keahlian dan kreativitas dalam
kegiatan pembelajaran agar tercapai apa yang diharapkan. Secara umum dapat
dinyatakan bahwa individu dengan potensi kreatif dapat dikenal melalui
pengamatan ciri-ciri sebagai berikut:
a.
Memiliki hasrat keingintahuan yang cukup besar.
b.
Bersikap terbuka terhadap pengalaman baru.
c.
Panjang akal.
d.
Mempunyai keingintahuan untuk menemukan (meneliti).
e.
Cenderung lebih menyukai tugas yang berat (sulit).
f.
Cenderung mencari jawaban yang luas dan memuaskan.
g.
Memiliki dedikasi, bergerak dan aktif menjalankan tugas.
h.
Berfikir fleksibel.
i.
Menanggapi pertanyaan yang diajukan serta cenderung memberi
jawaban yang lebih banyak.
j.
Kemampuan membuat analisis dan sintesis.
k.
Memiliki semangat bertanya serta meneliti.
l.
Memiliki daya abstraksi yang cukup baik.
m.
Memiliki latar belakang membaca yang cukup luas.
Ada yang mengatakan bahwa mengajar itu adalah
seni (art), karena mengajar itu membutuhkan inspirasi, intuisi, dan kreativitas.
Kreatifitas guru dapat diarahkan pada dua
komponen pembelajaran di kelas, yaitu produk kreatifitas dan hasil inovasi yang
mendukung manajemen kelas serta hasil kreatifitas dan hasil inovasi dalam
bentuk media pembelajaran.
1.
Kreatifitas dalam Manajemen Kelas
Manajemen kelas adalah aktifitas guru dalam
mengelola dinamika kelas, mengorganisasikan sumber daya yang ada serta menyusun
perencanaan aktifitas yang dilakukan di kelas untuk diarahkan dalam proses
pembelajaran yang baik. Dalam hal manajemen kelas, kreatifitas guru dalam
manajemen kelas diarahkan untuk:
a.
Membantu siswa di kelas dapat belajar secara kolaboratif dan
kooperatif
b.
Menciptakan lingkungan akademik yang kondusif dalam proses belajar
2.
Kreatifitas dalam Pemanfaatan Media Belajar
Media belajar adalah alat atau benda yang
dapat mendukung proses pembelajaran di kelas. Fungsi Media Belajar (1) membantu
siswa dalam memahami konsep abstrak yang diajarkan, (2) meningkatkan motivasi
siswa dalam belajar, (3) Mengurangi terjadinya misunderstanding, (4) Memotivasi
guru untuk mengembangkan pengetahuan. Dalam hal media belajar, kreatifitas guru
dalam media belajar diarahkan untuk:
a.
Mereduksi hal-hal yang terlalu abstrak dalam materi belajar
b.
Membantu siswa mengintegrasikan materi belajar ke dalam situasi
yang nyata.
kita ketahui bahwa tidak semua orang bisa berkreatifitas tinggi. nah bagaimana dengan tenaga pendidik yang kesulitan dalam mengembangkan kreatifitasnya dalam proses pembelajaran bukankah itu akan mengganggu dalam pencapaian tujuan pembelajaran ? mohon solusinya
BalasHapusKreatifitas guru sangat menentukan keberhasilan dari sebuah pembelajaran. Guru yang kurang kreatif akan sulit untuk menguasai kelas dan tidak mampu untuk mengkondisikan siswa nya untuk fokus ke pelajaran. Hal ini dapat memberikan kesulitan kepada guru untuk mencapai tujuan pelajaran yg telah dirancang. Apabila guru memiliki kreatifitas yg baik, maka guru akan mudah untuk menguasai kelas sehingga tujuan pelajaran bisa tercapai dengan lancar.
HapusKreativitas merupakan kemampuan bertindak ataupun berfikir untuk mecari pemecahan dalam sebuah kondisi atau permasalahan dengan cerdas. dalam pembelajaran kreativitas yang bagaimana seharusnya dimiliki oleh guru ?
BalasHapusGuru yang kreatif harus mampu menyajikan pembelajaran yang semenarik mungkin agar siswa dapat menerima pelajaran dengan baik. Kreativitas yang seharusnya dimiliki oleh guru yaitu, mampu menggunakan metode pembeajaran yang sesuai sengan suasana dan keadaan siswa dan kelas agar siswa dapat fokus terhadap apa yg diajarkan oleh guru. Selain itu guru harus mampu memggunakn atau mengaplikasikan media yang dapat membantu guru itu sendiri agar membuat pelajaran lebih diminati oleh siswa.
HapusBagaimana mnurut sdri rina, apakah inovasi yang dapat dilakuakan pada pembelajaran kimia di era modern saat ini?
BalasHapusdizaman modern seperti sekarang, sudah banyak inovasi yang dilakukan orang dalam bidang pemdidikan termasuk dalam membuat rancangan pembelajaran. inovasi yang bisa dilakukan yaitu dengan merancang media pebelajaran yang berbasis ICT, dan juga dapat memanfaatkan hasil alam dalam proses pembelaran.
Hapus